Sejarah rambut nenek


Sejarah Rambut Nenek,Jajanan Unik yang Populer Tahun 1990-an

Arbanat atau yang lebih sering disebut rambut nenek, merupakan jajanan terbuat dari gula yang kian langka keberadaannya. Siapa yang pernah coba?
Arbanat
Rambut nenek merupakan jajanan yang populer di tahun 1990-an. Selain dikenal sebagai rambut nenek, jajanan ini disebut juga dengan arum manis. Namun, nama sebenarnya adalah arbanat. Nah, karena awalnya berwarna putih seperti uban, maka dinamakanlah rambut nenek.
Seiring dengan berjalannya waktu, rambut nenek mulai dibuat dengan beragam warna. Ada yang hijau, merah muda, dan kuning. Rasa rambut nenek juga bermacam-macam. Misalnya, rasa durian, melon, rasa pandan, dan masih banyak lagi.
Ada di Perancis
Tak hanya di Indonesia, rambut nenek juga ada di beberapa negara, salah satunya Perancis. Di negara Perancis, jajanan tersebut mendapat sebutan Barbe a Papa. Artinya, jenggot ayah. Namun, jika dilihat-lihat lagi, bentuknya lebih mirip dengan permen kapas. 
Asal Mula Rambut Nenek
Beberapa pendapat ada yang menyebutkan, rambut nenek berasal dari Kota Malang. Namun, ada juga yang menyebutkan bahwa jajanan ini berasal dari Desa Kesambi, Kabupaten Lamongan. Sebenarnya itu bukan suatu masalah, sebab, kedua daerah yang disebutkan tadi merupakan daerah yang berada di Provinsi Jawa Timur. Rambut nenek terbuat dari gula pasir, tepung terigu, pewarna makanan, dan air. Proses pembuatan rambut nenek ini bisa sampai berjam-jam, lo!


 
Tukar Rambut Nenek dengan Barang Bekas
Dulu, rambut nenek pernah dibeli hanya dengan cara menukarkan barang bekas, lo. Barang bekas itu berupa botol atau kaleng. Biasanya pedagang rambut nenek itu akan berkeliling dari rumah ke rumah. 
Selain itu, enjual rambut nenek selalu menjajakan jajanannya sambil bermain alat musik berupa rebab (semacam alat gesek seperti biola). Namun sekarang, penjual rambut nenek sudah tidak melakukan hal itu lagi. Seiring dengan berkembangnya zaman, pedagang rambut nenek makin jarang ditemukan.
 Cara membuat Rambut Nenek

Bahan dan cara membuat Arum manis rambut nenek 

  • 1 kg gulaku atau bisa menggunakan gula pasir yang bersih
  • 1/4 kg terigu
  • 1/4 liter minyak goreng yang bersih

Cara membuat arum manis rambut nenek

  1. Gula dimasak dengan 1 gayung air sampai keluar busa dan mengental.
  2. Sebelumnya masak terigu bersama minyak goreng sampai berwarna coklat.
  3. Setelah matang dinginkan kemudian gula dibolak-balik dengan spatula sampai membentuk adonan dan aduk trus biar tidak mengeras.
  4. Kemudian siapkan meja dengan kayu ditengah meja dengan alas seng taburi terigu yang dimasak dengan minyak tadi.
  5. Olesi meja dengan minyak goreng yang ada dimasak dengan terigu.
  6. Ratakan lalu taruh adonan diatas meja buat lubang seperti donat masukkan ke kayu penopang lalu tari (nariknya harus masih panas gulanya).
  7. Tarik trus dengan cara yang sama biar gula berubah menjadi lembaran-lembaran rambut trus sampai halus tariknya harus dengan tenaga extra ya.
  8. Kalau nggak nggak bakal jadi arum manis rambut nenek dia akan jadi kristal yang kasar.

Keuntungan berbisnis Arum manis / Gulali  

sebagai contoh Arum manis rambut nenek
  1. Kita bisa jualan tanpa harus menyewa tempat 

    Dengan konsep pemitraan dengan supermarket nasional seperti ( Hypermart ,Giant , Hero , Foodmart ,Carrefour ) Maka arum manis bisa jualan tanpa harus sewa tempat di berbagai mall di kota anda .
  2. Mendapat untung yang sangat besar

    Jikalau di presentase kan sekitar 200-600% , coba bandingkan dengan bisnis makanan lainya , yang sebagian besar hanya mendapat keuntungan 30-60%
  3. Bisa membuka banyak outlet

    Walau hanya dengan satu mesin pembuat Arum manis / Gulali , anda bisa mempunyai banyak outleet dengan sistem penjualan melalui online ,dll
  4. Produk dapat di distribusikan ke toko toko

    Semisal sekolahan , sekolahan , toko pinggir jalan , pasar malem , dll
  5. Jenis produk yang agresif

    Bisa titip di jual di toko ataupun peluang usaha lainya , tidak pasif yang tergantung pada satu lokasi saja
  6. Blue ocean business

    atau bisa di sebut tidak ada saingan bisnis nya
  7. Bisnis yang simple dan sangat mudah 

    Proses produksi yang sangat mudah dan simple
  8.  Inovasi tidada henti 

    Selalu ada inovasi baru atau pembaharuan dalam bentuk , pengemasan , gerobak ataupun yang lainya
  9. Keuntungan tiada henti 

    Mudah laku , tidak gampang basi , dan banyak peminat
  10. Tidak mengenal rugi 

    Karna tidak ada bahan baku yang mudah basi ataupun basi

10Dampak Negatif terlalu banyak dan sering mengonsumsi makanan yang manis

Contoh nya Arum manis rambut nenek  :

Kerusakan respon sinaptik

Sinaptik merupakan bagian dari otak dimana implus otak ditransmisikan dan dilepaskan. Sebuah studi yang dilakukan oleh sekelompok ilmuwan menunjukan bahwa mengkonsumsi berlebihan fruktosa dapat merusak sinapsis.

Kerusakan memori

Konsumsi fruktosa berlebih menyebabkan gangguan pada koneksi kimia diantara sel-sel otak. Hal ini kemudian merusak kualitas memori dan kemampuan belajar seseorang, pasalnya, sel-sel otak mengalami kesulitan memberikan sinyal satu sama lain. Tidak hanya itu gula pun akan menurunkan tingkat IQ seseorang.

Mengurangi produksi insulin alami

Insulin merupakan hormon yang mengendalikan gula darah dalam tubuh kita. Orang dengan tingkat konsumsi gula yang tinggi dapat menyebabkan mereka kehilangan horman insulin yang nantinya mempengaruhi sel-sel otak mereka.

Meningkatkan risiko diabetes

Mengonsumsi minuman manis, seperti soft drink, minuman buah dan minuman olahraga dapat meningkatkan risiko diabetes tipe dua. Hasil studi baru yang melibatkan lebih 310.000 pasien menyatakan orang yang minum 1-2 porsi makanan manis sehari mengalami peningkatan risiko diabetes tipe dua sebesar 26%.  Mengonsumsi minuman manis cenderung menyebabkan kenaikan berat badan, yang merupakan faktor risiko untuk diabetes.

Diet tinggi glikemik dapat menyebabkan jerawat

Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Molecural Nutrition & Food Reserch, makanan yang dikonsumsi dapat mempengaruhi kulit.

Meningkatkan risiko penyakit jantung

Makan lemak dalam jumlah berlebihan bukan satu-satunya yangmeningkatkan risiko penyakit jantung, gula juga memainkan peran langsung pada kesehatan. Trigliserida merupakan jenis lemak yang ditemukab dalam darah. Bila mengkonsumsi gula lebih dari dibutuhkan, maka kadar Trigserida yang tinggi dan kadar HDL yang rendah berkontribusi terhadap Aterosklerosis.Atterosklerosis merupakan suatu kondisi pengerasan arteri.

Meningkatkan kemungkinan depresi

Kelebihan gula dapat meningkatkan suasana hati, beberapa ahli percaya resistensi insulin mungkin, memaksa pelepasan hormon stress kotisol dan GLP-1. Gangguan perilaku pada umumnya dipengaruhi oleh jumlah gula yang dikonsumsi fluktuasi kadar gula darah mendorong metabolisme dan suasana hati.

Meningkatkan risiko infeksi jamur

Infeksi jamur di mulut biasanya disebabkan oleh pertumbuhan berlebihan gula air liur dan urine menyediakan tempat berkembangbiakan yang sempurna bagi jamur.

Meningkatkan risiko kanker

Sejumlah penelitian menunjukan hubungan yang kuat antara konsumsi gula dan peningkatan risiko kanker. Wanita dengan kadar gula darah sangat tinggi jauh lebih mungkin untuk menderita kanker  payudara.

Menyebabkan obesitas

Obesitas terjadi akibat terlalu banyak asupan kalori. Banyak fakta yang menunjukkan jika orang kelebihan berat badan akibat banyak mengkonsumsi HFCS di soda dan makanan yang tinggi indeks. Efek dari makanan tingi indeks Glikemik dapat dikurangi denga menambahkan protein dan lemak sehat.
cara membuat arum manis rambut nenek

“Jadi konsumsi secukup nya saja ya “

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah es kopyor